selamat datang

Karena Semua Hal Perlu Dikomunikasikan :))

Sabtu, 09 April 2011

MEDIA MASSA DAN SISTEM KOMUNIKASI DIGITAL


Teknologi Komunikasi : Media Massa, Konvergensi Media, dan HDTV
Oleh : Innas Rizky Afria

Media massa adalah alat yang digunakan dalam penyampaian pesan kepada   penerima dengan menggunakan alat – alat sebagai perantaranya.
Jenis-jenis media massa ,yaitu Media massa tradisional merupakan media massa dengan otoritas dan memiliki organisasi yang jelas sebagai media massa. Ciri dari media massa tradisional merupakan penerima pesan tidak pasif dan merupakanbagian dari masyarakat dan menyeleksi informasi yang mereka terima. Media massa modern Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan teknologi dan social budaya, telah berkembang media-media lain yang kemudian dikelompokkan kedalam media massa seperti internet dan telepon seluler (Hand Phone).  Ciri dari media massa modern adalah Sumber dapat mentransmisikan pesannya ke pada banyak penerima (melalui SMS atau internet misalnya fungsi-fungsi media massa, yaitu Fungsi pengawasan (surveillance), penyediaan informasi tentang lingkungan.
Fungsi-fungsi media massa antara lain :
      Fungsi pengawasan (surveillance), penyediaan informasi tentang lingkungan.
      Fungsi penghubungan (correlation), dimana terjadi penyajian pilihan solusi untuk suatu masalah.
      Fungsi pentransferan budaya (transmission), adanya sosialisasi dan pendidikan.
      Fungsi hiburan (entertainment) yang diperkenalkan oleh Charles Wright yang mengembangkan model Laswell dengan memperkenalkan model dua belas kategori dan daftar fungsi. Pada model ini Charles Wright menambahkan fungsi hiburan. Wright juga membedakan antara fungsi positif (fungsi) dan fungsi negatif (disfungsi).

Konvergensi Media
Konvergensi Media adalah bergabungnya media telekomunikasi tradisional dengan internet sekaligus.  Kunci dari konvergensi adalah digitalisasi,  Karena seluruh bentuk informasi maupun data diubah dari format analog ke format digital. Konvergensi menimbulkan perubahan signifikan dalam ciri-ciri tradisional atau konvensional.
Media konvergen memadukan ciri-ciri komunikasi massa  dan komunikasi antarpriba di dalam satu media sekaligus. Karenanya, terjadiapa yang disebut sebagai demasivikasi (demasssification), yakni kondisi di mana cirri utama media massa yang menyebarkan informasi  . Arus informasi yang berlangsung menjadi makin personal, karena setiap orang mempunyai kebebasan untuk memilih informasi yang mereka butuhkan.

Konten Gadget

            Konten adalah informasi  yang tersedia melalui media atau produk elektronik. Penyampaian konten dapat dilakukan melalui berbagai medium seperti internet, televisi, CD audio. Istilah ini digunakan untuk mengidentifikasi   format dan jenis informasi sebagai komponen nilai tambah media.
Gadget adalah sebuah benda (alatatau barang elektronik) teknologi kecil yang memiliki fungsi khusus, tetapi sering diasosiasikan sebagai sebuah inovasi atau barangbaru. Gadget diciptakan untuk mempermudah. Mempermudah kegiatan terutama informasi dan komunikasi. Tanpa gadget, kemudahan komunikasi akanse makin susah, Apalagisekarang gadget bisa membantu kita dalam hal internet dan ini makin memudahkan komunikasi dan informasi. Jadi, konten gadget adalah informasi tentang benda inovatif berteknologi khusus  yang disampaikan melalui media atau internet.

HDTV
           
HDTV (High Definition Television) merupakan suatu sistem media komunikasi bergambar dan atau bersuara dengan tingkat kualitas ketajaman gambar (resolusi) sangat tinggi. Sistem broadcast HDTV diidentifikasi dengan tiga parameter utama: ukuran frame, sistem scanning (interlaced scanning dan progressive scanning) dan frame rate.


Sistem Komunikasi Digital
a.      Digital
Digital berasal dari kata Digitus, dalam bahasa Yunani berarti jari jemari. Apabila kita hitung jari jemari orang dewasa, maka berjumlah sepuluh (10). Nilai sepuluh tersebut terdiri dari 2 radix, yaitu 1 dan 0, oleh karena itu Digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilangan biner). Semua sistem komputer menggunakan sistem digital sebagai basis datanya. Dapat disebut juga dengan istilah Bit (Binary Digit).
Konsep digital ini ternyata juga menjadi gambaran pemahaman suatu keadaan yang saling berlawanan. Pada gambaran saklar lampu yang ditekan pada tombol on, maka ruangan akan tampak terang. Namun apabila saklar lampu yang ditekan pada tombol off, maka ruangan menjadi gelap. Kondisi alam semesta secara keseluruhan menganut sistem digital ini. Pada belahan bumi katulistiwa, munculnya siang dan malam adalah suatu fenomena yang tidak terbantahkan. Secara psikologis, manusia terbentuk dengan dua sifatnya, yaitu baik dan buruk.
 Komunikasi Digital adalah teknologi yang berbasis sinyal elektrik komputer, sinyalnya bersifat terputus-putus dan menggunakan sistem bilangan biner. Bilangan biner tersebut akan membentuk kode-kode yang merepresentasikan suatu informasi tertentu.

b.      Message and Signal

Message adalah manifestasi fisik dari informasi yang dihasilkan sumber. Sistem yang menangani message akan mengkonversi message menjadi sinyal elektris yang sesuai dengan media transmisi tertent
Digital message adalah deretan simbol yang merepresentasikan informasi . Karena informasi terkandung pada simbol-simbol, maka sistem komunikasi digital harus dapat mengangkut simbol-simbol tersebut dengan tingkat akurasi tertentu di dalam waktu yang sudah ditentukan.
-          Pertimbangan utama di dalam desain sistem adalah menjaga agar simbol tidak berubah
-          Bila digital message akan dikirimkan melalui kanal analog, maka kita memerlukan modem (modulator+demodulator)
-          Modem menerima message yang berasal dari terminal dalam bentuk data biner dan mengirimkan message tersebut sebagai gelombang sinyal analog melalui kanal komunikasi analog
-          Apabilakitaakanmengirimkan digital message melalui jaringan digital, maka sinyal di transfer dalam bentuk digital secara end-to-end
-          Pada mekanisme di atas tidak perlu digunakan modem, melainkan diperlukan suatu network terminal yang diletakkan di tempat pelanggan
-          Network terminal berfungsi  mengubah (encode) sinyal biner menjadi pulsa-pulsa digital yang cocok untuk dikirimkan ke sentral melalui medium transmisi.

c.       Keunggulan Komunikasi Digital

Teknologi digital menawarkan biaya lebih rendah, keandalan (reability) lebih baik, pemakain ruang yang lebih kecil dan konsumsi daya yang lebih rendah ; Teknologi digital membuat kualitas komunikasi tidak tergantung pada jarak ; Teknologi digital lebih bergantung pada noise ; Jaringan digital ideal untuk komunikasi data yang semakin berkembang ; Teknologi digital memungkinkan pengenalan layanan-layanan baru , dan sebagainya.


* disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah teknologi komunikasi

Komunikasi Digital adalah teknologi yang berbasis sinyal elektrik komputer, sinyalnya bersifat terputus-putus dan menggunakan sistem bilangan biner. Bilangan biner tersebut aka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar